Monday, March 1, 2010

Keamanan Informasi -- Ngulik DNS



Tugas kedua adalaaah:

Tugas kali ini terkait dengan DNS (Domain Name System).

  1. Anda diminta untuk mencari pemilik dari domain detik.com melalui whois. (Sebagai tambahan, Anda bisa melihat apakah name server-nya sama dengan yang ada jika di-query dengan nslookup.
  2. Berapa banyak domain tingkat 4 (4th level domain) di itb.ac.id dan buat daftarnya. (Yang perlu Anda cari hanya yang *.itb.ac.id.) Tools apa yang Anda gunakan?

Yooohah,, baiklah, untuk menjawab pertanyaan pertama, saya memakai service dari who.is saja, sebuah layanan whois berbasis web, dan ini dia hasilnya:
Ternyata, detik.com terdaftar sebagai domain milik Siberkom, PT Agranet Multicitra... Hmm,, siberkom? Mungkin adaptasi dari Cybercom kali ya? Tapi namanya jadi aneh gitu hahaha.. Yasudah, tidak apa-apa lah, mari kita lanjutkan ke poin yang ke dua.. Hmm, untuk poin yang kedua ini sebenarnya cukup mudah seperti yang diatas, tinggal menuliskan
host -l itb.ac.id >> domains.txt
pada layar terminal. Tetapi saya sulit melakukannya karena harus ganti komputer menjadi linux,, hmm, sebentar ya saya ganti komputer dulu..
Yep. Screenshot diatas adalah gambar manual dari perintah host. Dapat dibaca pada layar, jika kita ingin me list semua host pada sebuah domain, kita dapat menggunakan options -o. Setelah itu, saya menyimpan hasil tersebut pada sebuah file bernama domains.txt berikut:

Pada file domains.txt terdapat list dari seluruh 4th level domain dari .itb.ac.id (ada 903 baris, tetapi ada domain yang berulang).. Demikianlah kiranya isi tugas ini :D

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home